Sabtu, 25 September 2010

Fakta seputar parfum





Memilih parfum memang susah-susah gampang. Karena gampangnya, kadang banyak orang salah memilih parfum untuk dirinya. Akibatnya, bukan keharuman yang didapat, malah pusing mencium aroma parfum tersebut.

Berikut beberapa tips seputar parfum.

* Pakai kertas tester atau di kulit langsung?
Jika memang ada banyak yang ingin Anda tes, kertas tester bisa digunakan. Pastikan cairan parfum tidak ada yang menempel di ujung hidung, karena akan mengganggu aroma parfum lain yang ingin dicoba. Jangan pula menghirupnya dalam-dalam. Datangi kertas tersebut sambil membungkuk, hirup sekilas, lalu jauhi. Ulangi beberapa kali. Tunggulah beberapa saat sebelum menghirup aroma lain. Ada yang akan menawarkan untuk menghirup aroma biji kopi untuk menghilangkan aroma parfum yang pertama, namun jika Anda menghirupnya, bisa-bisa sistem penciuman Anda lelah. Jika sudah merasa cocok dengan 1 aroma, baru tes ke tangan Anda. Tunggu beberapa saat. Anda akan melihat bagaimana aroma tersebut menemani sisa hari Anda. Apakah aromanya berubah atau tidak apakah memengaruhi mood Anda.

* Apa arti top, middle, dan bottom notes?
Di majalah-majalah atau si penjaga gerai parfum akan menjelaskan mengenai top, middle, dan bottom notes dari parfum baru. Apa sih artinya? Sebenarnya, hal-hal tersebut adalah berat molekular. Bayangkan sebuah kotak besar berisi banyak balon gas. Ketika Anda buka, akan ada balon-balon yang keluar paling dulu, di tengah, dan di bawah. Balon-balon yang pertama keluar adalah top notes, biasanya yang wanginya paling ringan, seperti sitrus, aroma bedak, atau floral. Wangi tersebut tak akan lama. Lalu, datanglah aroma middle notes, yang berat molekulnya menengah, misal bebungaan yang lebih berat. Yang terakhir, adalah base notes, yang paling berat aromanya, biasanya yang beraroma asap dan kulit.

* Bedanya Eau de Toilette dan Parfum?
Perbedaannya adalah pada konsentrasi pewangi mentahan itu di dalam larutan alkohol. Kadang disebut "konsentrat" atau "minyak". Peraturannya, parfum memiliki konsentrat 20 persen, dan eau de toilette memiliki konsentrat sebanyak 10 persen. Biasanya parfum memiliki harga yang lebih mahal.

* Mengapa parfum harganya bisa mahal?
Untuk menciptakan aroma, akan ada banyak sekali ragam dan upaya mencoba mencampurkan berbagai aroma, tak jarang pula aroma dari tumbuhan yang jarang ada. Misal, bunga yang jarang, akar tumbuhan, resin, dan lainnya. Sulit untuk menciptakan molekul sintetis untuk mengganti barang-barang tadi. Selain itu, harganya juga bisa jadi sangat mahal karena iklannya yang jor-joran.

Mencari aroma yang tepat
Idealnya, aroma yang tepat untuk Anda adalah yang tetap Anda sukai setelah seharian dikenakan. Sebelum memilih, ketahui dulu aroma apa yang lebih Anda sukai, apakah aroma bunga-bungaan atau aroma buah-buahan? Anda juga perlu mengetahui akan dikenakan saat acara apa parfum tersebut. Jika untuk malam hari, cari wangi yang lebih kuat dan berat. Sementara untuk siang hari, cukup yang aromanya ringan dan segar.

Saat akan memilih beberapa aroma, berikan jeda setiap 3 aroma. Bawalah sweater atau scarf, saat memilih parfum, aroma wol bisa membantu membersihkan sisa aroma pada hidung Anda usai menghirup banyak aroma berlainan. Jika Anda sudah hampir pasti memilih aroma yang Anda suka, baru semprotkan pada lengan bagian dalam Anda, biarkan selama beberapa jam. Jika Anda masih menyukai wanginya setelah beberapa jam, berarti Anda sudah menemukan parfum Anda.

Semprotkan di tempat yang tepat
Fokuskan pada titik-titik nadi (bagian dalam pergelangan tangan, siku, dan bagian belakang lutut), biarkan cairan parfum meresap pada kulit. Jangan digesekkan, karena bisa mengubah aromanya. Tak usah semprotkan pada bagian belakang telinga, karena sudut-sudut tubuh yang panas tidak bisa menahan aroma terlalu lama. Molekul parfum menguap setelah sekian lama. Jika Anda membaca keterangan parfum, akan ada 3 bagian dalam parfum; top note (lapisan atas), middle note (lapisan tengah), dan base note (lapisan pusat). Top note adalah aroma yang pertama Anda cium, middle note dan base note merupakan bagian yang lebih kompleks dan bertahan lebih lama.

Menyimpan parfum yang tepat
Dua hal yang merupakan musuh parfum; cahaya dan suhu panas. Kedua elemen tersebut bisa mengubah warna dan aroma formula parfum. Simpan botol parfum jauh dari jendela, dan jangan disimpan di kamar mandi yang panas. (dbs)


2 komentar:

  1. Thanks infonya...ditunggu kunjungan baliknya di blog saya
    Udah do follow juga, PR2, boleh comment no spam disini cheat games

    BalasHapus
  2. salam BLOGGER dan salam kenal dari blogger asal kota padang, sumatra barat.
    maaf,saya masih Newbie
    yozidahfilputra.blogspot.com

    BalasHapus